Tuesday, April 13, 2010

Break my routin, munculkan sisi kreatif dari dirimu!!!!

Terinspirasi dari buku yang kemarin saia beli di Gramedia. Buku rekomendasi dari pak Bukik -dosen saia yang super kreatif dan inspiratif- itu memang keren abis. Mungkin juga saia menganggap buku itu keren karena saia memang sangat interest dengan buku-buku tentang pengembangan diri. Tapi pokoknya setelah baca buku itu meskipun saat ini masih baca bab 1 pertama, saia sudah terinspirasi untuk melakukan perubahan dari hidup saia meskipun itu sangat kecil.
Buku itu berjudul Oh my Goodness, Buku pintar seorang creative junkies karya dari Yoris Sebastian. Saia akan sedikit menceritakan isi di bab 1 nya menurut hasil penangkapan saia ketika saia baca tadi malam. Dalam bab ini diceritakan bahwa ternyata semua orang itu memiliki sisi kreatif. Pada awalnya manusia itu sudah dianugerahi sifat kreatif oleh Sang Pecipta, naah dalam perjalanan hidupnya itu sering manusia kurang bisa mengembangkan sisi kreatif itu. Sehingga yang terjadi ketika kita dihadapkan pada persoalan yang menuntut kreatifitas kita banyak yang mengatakan bahwa saia tidak kreatif.
Ternyata anggapan yang ada dalam keyakinan saia selama ini salah. Saia yang menganggap diri saia tidak cukup kreatif dibanding yang lain dan akhirnya selalu menyerahkan tugas yang sifatnya membutuhkan kreatifitas kepada orang lain, itu salah besar. Yang terjadi adalah saia belum cukup kreatif dan kreatiitas itu akan terasah kalau saia mau mengasahnya dari sekarang. Mulailah dari hal-hal yang terkecil sekalipun. Karena pada dasarnya semua manusia yang hidup didunia itu membutuhkan kreatifitas untuk menyelesaikan masalah hidupnya.
Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kita tidak membiasakan untuk berpikir kreatif. Dijelaskan dalam buku ini bahwa Creative is a habit not a genetic. Kreatif itu hasil dari sebuah pembiasaan dalam hidup kita bukan sesuatu sifat pembawaan yang secara otomatis mahir ketika kita dilahirkan. So yang harus dilakukan adalah mulai dari SEKARANG. Bikin hari-harimu lebih kreatif. Bikin sesuatu yang keliru yang tidak biasa dari orang kebanyakan. Ubah sesuatu yang berbau rutinitas, karena rutinitas akan memberikan kecenderungan kepada otak kita untuk tidak mau berpikir. Paksakan badanmu, otakmu untuk melakukan hal yang baru setiap harinya.
Dalam bab 1 ini Yoris menanyakan kepada pembaca inspirasi yang timbul setelah membaca. Kalau dari saia pribadi, inspirasi yang muncul adalah saia harus menemukan sesuatu yang menarik -menurut saia- tiap harinya. Hal yang menarik itu akan saia tempel di dinding kamar kos saia dan menuliskan alasan kenapa hal itu menarik bagi saia di blog baru saia.
Menurut saia ada banyak manfaat dari inspirasi itu. Pertama saia akan lebih memberikan atensi pada apa yang saia lihat setiap harinya karena saia punya target menemukan hal yang menarik bagi saia. Hal ini akan mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar saia. Kedua untuk lebih mengaktifkan kembali blog baru saia yang jarang sekali saia up date karena biasanya saia kebingungan tentang materi yang akan saia tulis. Ketiga melatih otak saia untuk tidak berhenti berpikir dan kalah pada kerutinitasan, ya minimal berpikir untuk menemukan hal yang menarik dan menuangkan dalam sebuah tulisan.
Benar-benar buku yang inspiratif dari sosok yang sangat kreatif. Dan saia akan kembali nanti menceritakan hasil membaca saia di bab-bab selanjutnya dan inspirasi apa yang saia dapatkan dari pengarang ini dan juga tulisan hal-hal menarik yang saia temukan setiap harinya. Terima kasih mas Yoris, semoga ini awal dari perubahan hidup saia menjadi seseorang yang luar biasa. (mantaaaaaaabs d^_____^b)

Best regard


Dimei




No comments:

Post a Comment