Monday, July 12, 2010

Review buku "Your Job is not Your Career" by Rene CC

Beberapa minggu yang lalu saia mendapatkan tugas untuk membaca buku yang berjudul Your Job is not Your Career karya dari Rene CC, salah seorang career coach Indonesia yang berkarakter menurut saia. Meskipun saya membaca buku ini berdasarkan dari tugas kuliah tetapi tidak menurunkan antusiame saia untuk membaca buku itu sampe selesai. Memang buku itu sangat menarik, genre buku yang memang saya sukai sehingga tidak ada keterpaksaan saia untuk memebaca buku itu. Buku panduan menemukan karir setiap orang ini dikemas dalam dua buku yang sederhana namun tetap bsa menimbulkan rasa ingin tahu bagi orang yang eprtama kali melihatnya. Isinya ringan, mudah dipahami serta mudah untuk diplikasikan langsung dalam kehidupan kita. Oke untuk itu saia akan mencoba untuk menceritakan gambaran umum isi buku itu dengan kata-kata saia sendiri, sehingga mudah-mudahan membantu tema-teman semua yang tertarik sebelum kemudian membeli bukunya. Pertama saia kasi mindmapping buku itu versi saia semoga mempermudah teman-teman buat mengetahui isi buku ini.


Di awal buku itu, Rene menjelaskan tentang perbedaan antara job dan karir. Berbeda dengan pandangan orang pada umumnya, Rene menjelaskan bahwa karir tidak hanya sekedar job saja. Job merupakan sebuah instrumen dari perusahaan sehingga kita tidak bisa bebas untuk memilihnya sedangkan karir itu adalah semua hal tentang dirimu sendiri, qm menginginkan orang lain akan mengenalmu seperti apa itulah sebenar-benarnya karir seseorang, tentang gaya hidup, kepuasan kerja dan kompensasi yang akan kamu dapatkan ketika kamu melakukan apa yang menjadi keinginan hatimu.

Kemudian penulis menjelaskan juga bahwa untuk mendapatkan karir yang kita inginkan, seseorang harus mencari dan menemukan passion dari dirinya. Apakah passion itu?? Passion menurut Rene adalah not what you’re good at but what you enjoy the most. Passion ga harus berarti sesuatu yang kamu sudah ahli dalam bidang itu tetapi yang lebih penting adalah sesuatu yang kamu sangat suka untuk melakukannya. Ibaratnya seperti kamu tidak bisa hidup jika kamu tidak melakukannya dalam sehari atau kamu akan sangat merasa menyesal karena kamu telah melalaikannya dalam sehari aktivitasmu. Dari passion itu coba temukan ide yang bermanfaat buat dirimu dan juga buat lingkunganmu. Disinilah kreativitas kita perlu diasah. Kita ga begitu saja bisa sukses setelah kita menemukan passion kita tanpa ada ide dan inovasi yang berbeda dengan orang lain karena ada kemungkinan banyak orang di luar sana yang memiliki passion yang sama dengan kamu.

Selain itu segera juga tentukan puspose of life dan value-value yang selama ini kamu anut. Hal ini sangat penting agar perjalanan hidupmu tetap pada jalur yang sesuai dengan tujuanmu dan kamu bisa mencapai karirmu dengan value-value yang kamu anut. Segera cari dan temukan tiga aspek sebagai jalan awalmu untuk merancang karir masa depanmu. Tentu saja tetap jaga motivasi dari dalam dirimu. Orang sukses bukan hasil genetik ataupun keberuntungan, orang sukses adalah orang-orang yang dari awal memang menginginkan kesuksesan dari dalam dirinya. Tetap jaga motivasi dan semangat yang menggebu-gebu itu sebagai obat dan cambuk ketika kamu merasa lelah dan ingin berputus asa.

Hal penting lain yang perlu kamu ketahui dari buku ini adalah pentingnya rockstar untuk menunjang kesuksesan berkarirmu. Semua orang membutuhkan role model bagi dirinya, bahkanaktivitas kita dari kecil merupakan hasil role model dari orang-orang terdekat kita sehingga kita bisa menjadi manusia seperti sekarang ini. Bertemu dan mengenali rockstar kita akan membuat kita bisa merencanakan karir kita ke depan seperti apa. Kita juga bisa menemukan keunikan diri kita jika kita mau menganalisis dan mengenal lebih jauh dari rockstar kita.

Sebenarnya untuk apakah tujuan akhir dari pentingnya menemukan karir dari awal. Sebenarnya dari kesemua yang dijelaskan oleh Rene, tujuan akhirnya adalah mendapatkan kebahagiaan dan keterpenuhan (fulfilment). Semua usaha yang kita lakukan sebenarnya bermuara pada kedua hal itu yaitu ingin mendapatkan kebahagiaan dan bisa memenuhi kebutuhan diri kita dengan mudah dan nyaman. Untuk itu segera temukan hal-hal yang ada di atas dan kemudian liahtlah dirimu selanjutnya, ada kemungkinan kamu sendiri akan tekagum-kagum dengan hasil yang telah kamu dapatkan dan bisa jadi kamu akan menjadi rockstar bagi orang-orang di lingkungan kamu.

Source : Renee CC: Your Job is not Your Career






2 comments:

  1. plok plok plok.... artikel yang terlalu serius untuk sebuah blog! iki kualitas e media cetak! hehe
    setuju! berarti ak pingin punya 2! job ambek karir! syukur syukur lek jobku sekalian karir!

    ReplyDelete
  2. Kemarin sy ketemu orangnya tapi blm baca buku nya :D Also, MANY THANKS for the mind map (Not everyone I met use it :D)! Really good review & clear up some things for me

    Salam,

    Sari

    ReplyDelete